oleh

Peringatan Untuk Para Cakades di Pilkades Muna

-MUNA-409 dibaca

Reporter : Alifudin

RAHA – Para calon kepala desa yang bakal bertarung di Pilkades Muna 2021 diingatkan untuk memiliki orientasi lurus. Dengan begitu, potensi yang ada di desa yang dipimpin dapat terkelola dengan baik.

Mantan Wakil Ketua DPRD Muna, La Ode Mahmud Muhammad mengingatkan agar para calon kepala desa tidak tergiur dengan anggaran yang ada di desa selama ini.

“Saya sebagai putra Kabupaten Muna memberikan peringatan bagi para setiap masyarakat Muna yang mau mencalonkan dirinya sebagai kepala desa agar tidak tergiur besarnya ADD dan DD,” kata Mahmud kepada MEDIA KENDARI.COM di Raha pada Sabtu, 27 Januari 2021.

Menurutnya, mereka yang menjadi cakades merupakan orang yang siap mendarmabaktikan potensi dirinya demi kemajuan dan kemakmuran desa. Mereka bukanlah orang yang bernafsu ingin memenuhi kepentingan pribadi.

“Jika niatan para cakades untuk memenuhi hasrat pribadi, saya khawatir kades terpilih dalam menjalankan pemerintahan desa akan berakhir dengan persoalan hukum,” kata Politisi PDIP tersebut.

Ia juga berharap agar proses pemilihan kepala desa dilakukan secara profesional dan transparan agar tidak menimbulkan persoalan.

“Soal regulasi, aturan, atau sistem pemilihan yang akan dilakukan mempertimbangkan berbagai aspek. Kita semua punya harapan yang sama bahwa proses pemilihan itu menghasilkan kades-kades yang memiliki daya abdi yang tinggi untuk berbuat,” harapnya.

Dari 124 desa di Muna, sebanyak 117 di antaranya saat ini belum dipimpin secara definitif. Pemerintah Muna sendiri memastikan pilkades di wilayahnya akan digelar pada 2021. Meskipun untuk waktu pelaksanaan belum diungkap. (c)

Terkini